Just another website
Indeks
Tren  

Di Tengah Krisis, Kota Vigo Tetap Tampilkan Hiasan Lampu Natal Meriah

Otoritas setempat meresmikan penyelaan lampu Natal di jalan-jalan Vigo, Spanyol, Sabtu, 19 November 2022. (AP/Lalo R. Villar)

Proyek hiasan lampu Natal yang diselenggarakan oleh Wali Kota Vigo hadir di tengah-tengah Rencana Penghematan Energi Pemerintah Pusat Spanyol untuk mengurangi penerangan di berbagai kota yang terletak di bagian barat laut Spanyol itu.

Wali Kota Vigo, Abel Caballero membela hiasan lampu Natalnya dengan mengatakan bahwa “Vigo mendadak saja dikenal di seluruh dunia.”

“Kami menerangi 400 ruas jalan, normalnya kota-kota menerangi hingga 10, 15, 20, kami menerangi hingga 400 sehingga ada rute yang berbeda-beda tergantung pada usia Anda dan sudah berapa lama Anda tinggal di sini. Kami memandu Anda di berbagai daerah di kota ini. Bianglala raksasa kami, secara metaforis lebih besar daripada bianglala London Eye dan karena itu kami bersaing dengan London Eye. Kami mengalahkan pohon Natal di New York dan lampu-lampu kami jauh lebih indah daripada yang ada di Paris,” kata Caballero.

Otoritas setempat meresmikan penyelaan lampu Natal di jalan-jalan Vigo, Spanyol, Sabtu, 19 November 2022. (AP/Lalo R. Villar)

Manoel Santos, koordinator Greenpeace di Galicia, mengatakan bahwa angka-angka mengenai keuntungan ekonomi dari lampu-lampu Natal yang diberikan oleh Caballero “patut diperdebatkan” dan “biasanya dilebih- lebihkan.”

Dalam menghadapi perdebatan ini, Caballero membela rencana menghemat listrik dengan dua argumen; penggunaan lampu rendah konsumsi energi dan pembatasan jadwal penyalaannya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, instalasi tersebut terdiri dari sebelas juta lampu LED di lebih dari 400 ruas jalan di kota Vigo, 30 ruas lebih banyak daripada tahun lalu. Lampu-lampu itu akan tetap menyala satu jam lebih singkat daripada tahun lalu, untuk memenuhi kewajiban hemat energi pemerintah Spanyol.

Alih-alih menyala dari pukul enam sore hingga pukul satu pagi, tahun ini lampu-lamput tersebut akan dinyalakan dari pukul 6.30 sore hingga pukul 00.30 pagi, satu jam lebih singkat setiap hari. Ini berarti menghemat 14,6 persen konsumsi listrik.

Massa berkumpul saat penyalaan lampu Natal di jalan-jalan Vigo, Spanyol, Sabtu, 19 November 2022. (AP/Lalo R. Villar)

Massa berkumpul saat penyalaan lampu Natal di jalan-jalan Vigo, Spanyol, Sabtu, 19 November 2022. (AP/Lalo R. Villar)

Anggaran total untuk seluruh instalasi, baik untuk lampu maupun hiasan Natal, sekitar 1 juta euro, dan penyalaan lampu Natal ini diperkirakan akan menghasilkan pendapatan ekonomi antara 500 juta dan 1 miliar euro dengan kehadiran sekitar 3 juta pengunjung selama Natal, kata Caballero.

Menurutnya, penghasilan ekonomi tersebut sangat penting bagi Vigo, baik bagi perdagangan maupun bagi industri perhotelan dan restoran serta banyak bisnis lainnya.

Hotel-hotel di Vigo dan sekitarnya sudah penuh untuk acara penyalaan lampu dan diperkirakan akan terisi mendekati 100 persen setiap pekan.

Menyambut tampilan meriah hiasan Natal di Vigo, seorang pebisnis di kota itu, Jorge Garcia, mengatakan, “Saya merekomendasikan semua orang datang ke Vigo, khususnya untuk menikmati suasana kota, hidangan makanan laut, keramahan warganya, dan makanan yang lezat.” [uh/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com

Exit mobile version