Just another website
Indeks
Tren  

Dari Tuksedo Klasik ke Terusan Warna-warni Penuh Kemilau

Harry Styles berpose dengan piala penghargaan untuk Album Vokal Pop Terbaik dan Album Tahun Ini "Harry's House" pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-65 di Los Angeles, California, AS, 5 Februari 2023. (REUTERS/Mike Blake)

Dari tuksedo klasik hingga terusan yang berkilauan membalut tubuh para selebriti pria di karpet merah musim penghargaan tahun ini – terkadang bahkan amat memancing perhatian dengan tampilannya yang mencolok.

Solois Harry Styles berjalan di karpet merah Grammy Awards dengan mengenakan terusan berwarna-warni sambil bertelanjang dada, sementara nominator Piala Oscar Barry Keoghan memilih setelan jas berwarna biru muda dan merah saat menghadiri malam penganugerahan Golden Globes dan British Academy of Film (BAFTA) Awards.

Harry Styles berjalan di karpet merah Grammy Awards dengan mengenakan terusan berwarna-warni sambil bertelanjang dada, di Los Angeles, California, 5 Februari 2023 (foto: dok).

Meski setelan jas dan tuksedo klasik masih menjadi pilihan utama pria saat menghadiri acara karpet merah, opsi mereka kini lebih beragam dan berani, dengan palet warna menyala, sulaman dan detil berkilauan, seperti yang sering dikenakan aktor dengan gaya busana yang disukai banyak orang, Timothee Chalamet, dengan pakaian-pakaiannya yang nontradisional.

Charlie Teasdale, direktur gaya busana majalah pria Esquire UK, mengatakan kepada Reuters, “Saya rasa sekarang ada semacam ekspektasi [gaya berbusana] dibandingkan biasanya, lebih dari ekspektasi 20 atau 30 tahun lalu, lebih dari apa yang biasanya akan dikenakan pria ke acara-acara penghargaan sebelum-sebelumnya. Sekarang gaya busana mereka tidak bisa ditebak.

Aktor peraih Oscar Eddie Redmayne telah menuai banyak pujian akan pilihan pakaiannya selama menghadiri beragam acara penghargaan tahun ini. Gaya busana pilihannya antara lain setelan jas berwarna cokelat dengan aksesori bunga berukuran besar, terusan berwarna hitam, celana panjang berpotongan tinggi yang dipadankannya dengan kemeja berpita besar di bagian leher.

Eddie Redmayne saat memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Musik untuk "Cabaret" di Olivier Awards di Royal Opera House di London, Inggris, 10 April 2022.

Eddie Redmayne saat memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Musik untuk “Cabaret” di Olivier Awards di Royal Opera House di London, Inggris, 10 April 2022.

Pada beberapa kesempatan, dasi bahkan sama sekali ditinggalkan, seperti aktor Andrew Garfield yang mengenakan kemeja berkerah terbuka dengan setelan jas berwarna oranye gelap di Golden Globe, sementara Donald Glover memilih piyama sutra berwarna putih yang ia balut dengan jaket hitam di acara yang sama.

Kembali, Teasdale, “Saya rasa mereka selalu menjadi penentu tren: Eddie Redmayne, Harry Styles… Anda melihat banyak pria di acara-acara penghargaan, itu adalah tempat di mana orang-orang melihat tren yang mungkin akan muncul selama setahun-dua tahun ke depan, atau bahkan lebih singkat lagi. Saya rasa dalam hal itu pakaian pria, khususnya untuk acara karpet merah, menjadi semakin seru, terutama beberapa tahun terakhir, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dan itu semua sangat berpengaruh.”

Meski demikian, Teasdale tahu gaya busana seperti apa yang akan dikenakan para selebriti pria itu untuk acara yang berbeda. Untuk acara film, seperti Oscar atau BAFTA, mereka akan mengenakan setelan jas yang lebih klasik, sementara untuk acara musik, seperti Grammy, mereka bisa mengenakan pakaian yang lebih mencolok dan berani.

Sementara untuk urusan aksesoris, kali ini banyak di antara para selebriti pria yang mengenakan hiasan kerah seperti yang dikenakan aktor Rege-Jean Page dan Rami Malek, kaca mata berlapis berlian seperti dipakai Pharrel Williams, demikian juga tas tangan.

Saat ditanya tentang gaya busana para selebriti pria pada musim penghargaan tahun ini, aktris yang memenangkan Piala Oscar 2023 untuk aktris terbaik, Michelle Yeoh, mengatakan kepada Reuters, “Saya suka! Rasanya sekarang pria bisa mengenakan pakaian penuh warna, berani, indah dan menakjubkan, atau pakaian apa pun yang mereka mau.” [rd/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com