Just another website
Indeks
Tren  

6 Aplikasi Pengedit Video di Laptop yang Cocok untuk Pemula

Aplikasi Pengedit Video Di Laptop Yang Perlu Diketahui

aplikasi pengedit video di laptop

Pada era modern seperti saat ini, penggunaan aplikasi pengedit video di laptop semakin penting. Di ranah pekerjaan hingga pendidikan, skill mengedit video semakin dibutuhkan. Dengan meningkatnya kebutuhan tersebut, penting untuk mencari software yang tepat untuk menunjang penyuntingan video.

Penting bagi pengguna untuk menyesuaikan aplikasi yang hendak digunakannya dengan spesifikasi laptop. Apabila spesifikasinya tidak sesuai, tentu proses editing akan terganggu. Sebagai rekomendasi, berikut aplikasi yang ringan untuk mengedit video melalui laptop, diantaranya:

1. Final Cut Pro

Bagi pengguna yang masih pemula dalam pengeditan video, Final Cut adalah opsi yang tepat. Kelengkapan fitur premiumnya banyak disukai pengguna MacBook dan iMac karena dapat menghasilkan video yang berkualitas. Pengoperasiannya cukup mudah, cocok untuk belajar mengedit video secara bertahap.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu membayar sebesar 4,2 juta. Namun tidak perlu khawatir, karena ada masa percobaan 90 hari secara gratis. Sehingga pengguna bisa mempertimbangkan terlebih dahulu. Perangkat laptop untuk memakai apps ini minimal 8 GB.

2. Blender

Aplikasi pengedit video di laptop bernama Blender dapat digunakan secara gratis. Ukurannya pun ringan, hanya 128 hingga 190 MB sehingga tidak banyak memakan memori laptop. Fitur editing yang dimiliki apps ini ramah pemula, namun juga cocok untuk pengeditan profesional.

Blender dibekali prosesor Intel Celeron, dengan graphics 2 GB. Beberapa fiturnya seperti audio mix, waveform visualization, syncing, dan lain-lain. Selain itu, terdapat hingga 32 slot yang dapat digunakan untuk video, foto, scene, hingga efek. Lebih diperuntukkan bagi pembuatan animasi yang sederhana.

3. Hit Paw

Software berikutnya yang memiliki kemampuan mumpuni untuk mengedit video adalah Hit Paw. Dengan aplikasi ini, beragam fitur penting untuk mengedit video bisa digunakan dengan mudah. Contohnya menambahkan musik, mengubah kecepatan, merancang stop motion, dan aspek penting lainnya.

Bahkan pengguna juga dapat melakukan convert video dengan cepat melalui software ini. Hit Paw bisa digunakan secara gratis, namun jika ingin memakai yang berbayar bisa mendapatkan fitur lebih lengkap. Tampilan antarmukanya yang sederhana cocok untuk pemula hingga yang lebih berpengalaman.

4. Corel VideoStudio Ultimate

Aplikasi pengedit video di laptop ini menawarkan fitur yang penting namun keberadaannya jarang ditemukan di apps sejenis. Fitur tersebut adalah color correction, yang berfungsi mengubah tone pada warna video sehingga lebih menarik ketika ditonton. Pengguna juga dapat menambahkan stiker pada videonya.

Interface aplikasi ini ramah pemula, sehingga bisa mudah untuk dipelajari. Corel VideoStudio dapat digunakan mulai dari Windows 7 sampai 10. Prosesornya Core i3 dan AMD A4. Dengan grafik 1024×768, tampilan yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan lebih jernih dan tegas.

5. VSDC

Bagi pengguna yang gemar membuat konten video di YouTube, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Banyak kreator konten YouTube yang memakai VSDC untuk mengedit videonya secara gratis. Jika biasanya aplikasi gratis menghadirkan watermark, berbeda dengan VSDC.

Fitur-fitur yang dimiliki cukup lengkap, misalnya efek transisi, efek suara, dan sebagainya. Interface-nya sangat sederhana sehingga, tidak menyulitkan pengguna yang belum familiar. Transisi yang mulus serta efek menarik akan menghasilkan video yang unik dan berkualitas.

6. Shotcut

Shotcut adalah aplikasi untuk mengedit video di PC, namun juga bisa untuk mengedit gambar dan audio. Kelengkapan fungsinya sangat berguna untuk menghasilkan video yang menarik. Misalnya perubahan warna, menyesuaikan audio, mengoreksi pengaturan warna, hingga menambahkan filter unik.

Semua perubahan dapat dibatalkan kemudian diulangi lagi sebanyak mungkin. Pengguna tidak perlu memulainya dari awal apabila mengalami kesalahan. Cocok untuk pengguna pemula karena ada tambahan shortcut keyboard.

Itu tadi pembahasan aplikasi pengedit video di laptop yang dibekali berbagai fitur mumpuni. Meski ringan, pengguna bisa memanfaatkan beragam fitur dengan optimal dan profesional. Pengguna dapat menentukan pilihannya sesuai dengan karya video yang ingin dihasilkan.

Exit mobile version