Just another website
Indeks

Ini Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya yang Perlu Diketahui

Yuk Ketahui Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

penyebab baterai hp boros dan solusinya

Pemakaian HP di Indonesia sudah mendominasi kebutuhan masyarakat. Menurut riset App Annie, rata-rata orang Indonesia memakai HP 5,5 jam sehari. Lantas apa jadinya jika HP tersebut sering kehabisan baterai? Untuk menghindarinya, perlu diketahui penyebab baterai HP boros dan solusinya yang bisa dipraktekkan.

Dalam pemakaian baterai ada siklus maksimal pengisian daya yang disebut dengan life cycle. Rentang siklus yang dilalui baterai adalah 500 – 1000 kali pengisian. Maka, semakin sering HP di-charge dengan siklus 0-100%, keoptimalan penggunaan baterainya akan berkurang. Jadi, lebih baik hindari penggunaan baterai HP yang boros.

Penyebab Baterai HP Boros yang Sering Tidak Disadari

Pada umumnya, pengguna HP smartphone mengisi daya baterai 1 – 2 kali dalam sehari. Jika mengisi daya baterai lebih dari 2 kali dalam sehari, hal itu sudah menandakan bahwa pemakaian baterai HP sudah boros. Ketahui penyebabnya agar hal tersebut tidak berulang dan memperburuk kondisi HP. Penyebab baterai HP boros bisa jadi hal-hal di bawah ini:

  • Cahaya layar terlalu terang.
  • Pemakaian live wallpaper atau screensaver.
  • Aplikasi yang aktif di background.
  • Sinyal tidak bagus.
  • Baterai sudah tua.

Hal-hal tersebut, jika terus berulang akan menyedot daya baterai HP secara berlebihan. Pada akhirnya, pengguna akan merasa HP-nya sudah tidak bagus dan perlu diganti. Untuk menghindarinya, ketahui penyebab baterai HP boros dan solusinya yang bisa dicoba untuk menghemat daya baterai.

Begini Solusi Mengatasi Baterai HP yang Sudah Mulai Boros

Perawatan baterai HP tidak memerlukan cara yang rumit atau harus datang ke counter HP. Asalkan penggunaan HP sewajarnya, daya baterai yang boros bisa dihindari. Berikut solusinya yang bisa dijadikan bahan panduan:

1. Atur Kondisi Layar HP

Mengatur kecerahan layar dalam fitur brightness bisa dilakukan dengan manual dan juga otomatis. Lebih praktis jika memakai auto-brightness, maka kondisi layar HP akan menyesuaikan dengan cahaya di lingkungan. Hal tersebut bisa menghemat baterai saat kecerahan tidak diperlukan.

Hindari penggunaan live wallpaper. Sebagai gantinya, pakailah wallpaper statis dan berwarna gelap. Jika layar ponsel berjenis AMOLED, wallpaper berwarna gelap bisa menghemat daya baterai. Perkecil juga durasi auto-lock agar layar tidak terus menyala saat tidak digunakan.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Ada aplikasi-aplikasi yang tetap aktif meski tidak digunakan. Biasanya pengguna HP merasa tidak perlu menutup aplikasi dan langsung beralih ke aplikasi lainnya atau menekan tombol Home. Aplikasi yang berjalan akan menyedot daya baterai secara perlahan.

Untuk mengatasinya, tutup aplikasi yang tidak dipakai di background. Hindari juga memakai aplikasi secara berlebihan, seperti menyalakan musik seharian atau merekam video berjam-jam. Selain itu, mematikan fitur GPS atau bluetooth juga bisa menghemat baterai.

3. Pakai Penguat Sinyal

Jika masalah yang dihadapi adalah kondisi sinyal yang buruk, maka pakailah produk signal booster. Produk tersebut akan berfungsi untuk meningkatkan daya tangkap sinyal dan otomatis menghemat kerja baterai. Pilihan lainnya adalah mengganti kartu operator seluler dengan operator yang sinyalnya terjangkau.

Namun, jika kondisinya hanya sedang bepergian dan HP sedang tidak dipakai, pakailah fitur airplane mode sampai bertemu dengan sinyal yang stabil. Fitur ini bisa mengistirahatkan HP dari mencari sinyal dan daya baterai terjaga.

4. Ganti Baterai

Setelah memakai HP bertahun-tahun dan masa life cycle baterai sudah habis, mungkin sudah saatnya baterai tersebut diganti. Mengganti baterai menjadi langkah yang lebih ekonomis dibandingkan mengganti HP.

Belilah baterai original di tempat yang terpercaya. Jika HP baterai tipe yang dapat dilepas, maka penggantiannya tidak akan suit. Namun jika baterai HP tidak bisa dilepas, perlu pengetahuan teknis untuk menggantinya dengan benar.

Setelah mengetahui penyebab baterai HP boros dan solusinya, mulailah menggunakan HP dengan bijak. Pemakaian daya baterai HP yang hemat bisa memperpanjang usia HP itu sendiri. Maka kamu tidak perlu gonta-ganti HP hanya karena merasa daya baterainya sudah boros.

Exit mobile version