Just another website
Indeks

Kenapa Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka? Simak Alasannya!

Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka Yang Wajb Diketahui

kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka

Aplikasi PeduliLindungi, sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki setiap pengguna smartphone di Indonesia. Namun kadang aplikasi ini tidak bisa dibuka, para pengguna bertanya-tanya kenapa aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan kira-kira apa alasannya?

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka. Penyebabnya, tidak selalu karena aplikasi rusak atau ada masalah pada aplikasi. Mungkin saja, ada kesalahan sistem yang umum dan bisa dengan mudah diatasi.

Berikut adalah 5 alasan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka. Alasan ini merupakan penyebab yang paling umum. Dengan mengetahui alasannya, para pengguna tidak perlu merasa bingung lagi saat aplikasi tidak bisa dibuka. Untuk lebih jelasnya, sima beberapa alasan berikut:

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Dibuka Bersamaan

Tentu saja, aplikasi yang digunakan di smartphone bukan hanya PeduliLindungi saja. Namun, ada juga beberapa aplikasi lain. Para pengguna sering menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan dan membukanya dalam beberapa jendela.

Cara ini ternyata membuat kinerja smartphone semakin berat, dan akhirnya salah satu aplikasi akan gagal dibuka. Karena itu, pastikan untuk memberikan ruang yang cukup pada smartphone sebelum membuka aplikasi PeduliLindungi agar bisa dibuka.

2. Jaringan Internet yang Kurang Stabil

Alasan selanjutnya kenapa aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka adalah jaringan internetnya yang kurang stabil. Untuk mengakses PeduliLindungi, para pengguna membutuhkan jaringan internet dan smartphone dalam kondisi online.

Jika smartphone dalam kondisi offline atau tidak ada jaringan internet pada smartphone, maka PeduliLindungi akan gagal dibuka. Walaupun, smartphone terhubung di jaringan internet namun jaringannya tidak stabil, juga bisa membuat aplikasi sulit untuk dibuka.

3. Aplikasi Perlu Diperbarui

Aplikasi PeduliLindungi senantiasa melakukan pengembangan dan perbaikan pada aplikasinya. Hal ini agar setiap pengguna bisa semakin nyaman menggunakan aplikasi. Tidak heran, jika sesekali aplikasi ini melakukan pembaruan dan pengguna harus mendownload versi terbarunya.

Jika aplikasi yang terpasang di smartphone merupakan aplikasi versi lama dan sudah tidak didukung lagi, maka aplikasi perlu diperbarui dan dipasang kembali pada smartphone. Jika versi aplikasi sudah terlalu lama, maka tidak akan bisa dibuka lagi di smartphone.

4. Terlalu Banyak Cache di Smartphone

Cache adalah data atau catatan dari aktivitas aplikasi, data ini disimpan untuk membuka aplikasi di waktu selanjutnya. Namun jika cache yang disimpan terlalu banyak, maka akan menghambat proses membuka aplikasi itu sendiri.

Ada kemungkinan cache sudah terlalu banyak, jika aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka, pengguna perlu menghapus cache ini dulu. Kemudian, restart kembali aplikasi baru mencoba membuka aplikasi kembali.

5. Gagal Login pada Aplikasi PeduliLindungi

Untuk memanfaatkan fasilitas dan fitur yang ada di dalam aplikasi, setiap pengguna wajib melakukan login kemudian konfirmasi dengan data KTP yang masih aktif. Proses verifikasi ini membutuhkan beberapa waktu.

Ada kalanya, para pengguna melakukan kesalahan saat login atau saat memasukkan data berkaitan dengan KTP. Kesalahan ini bisa membuat aplikasi merespon dengan menutup aplikasi secara langsung kemudian akan sedikit sulit untuk dibuka.

Karena itu, pastikan untuk memasukkan data diri dengan benar pada saat login maupun verifikasi KTP. Jika ada kesalahan, tidak perlu panik karena para pengguna punya kesempatan untuk memperbarui atau memperbaiki data yang dimasukkan.

Demikian 5 alasan kenapa aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka. Sekarang para pengguna tidak perlu lagi merasa panik menghadapi situasi ini, karena ternyata masalahnya bisa diatasi dengan mudah.