Just another website
Indeks

6 Rekomendasi Aplikasi Mind Map Online yang Mudah Digunakan

Inilah Aplikasi Mind Map Online yang Bisa Dicoba

aplikasi mind map online

Mind map adalah menyusun sebuah ide di dalam pikiran dan dibagi menjadi beberapa subjek. Bisa dibilang mind map adalah brainstorming pikiran yang tidak perlu memikirkan struktur maupun urutan. Sekarang,  ada aplikasi mind map online.

Aplikasi mind map online lebih memudahkan dalam menyusun ataupun mencatat ide yang telah ada. Ada 6 rekomendasi aplikasi yang bisa pengguna coba gunakan, yaitu:

1. Coggle

Aplikasi online untuk buat maupun berbagi mind map dan flowchart. adalah Coogle Untuk menggunakannya, cukup buat akun gratis. Pengguna akan mendapatkan diagram privat, kolaborasi langsung, dan upload gambar tak terbatas.

Mind map dapat didownload dalam format TXT, PDF, dan JPEG. Pengguna dapat memulai menggunakan dengan mengatur tema utama. Kemudian tekan icon plus (+) untuk tambahkan cabang lalu masukkan teks ke kotak tersebut.

Pengguna  dapat format isi teks, sisipkan tautan, tambahkan berbagai gambar maupun icon simbol untuk uraikan poin di mind map. Kemudian dapat menambahkan cabang sebanyak yang Anda suka. Klik kanan item untuk menjelajahi lebih banyak fitur.

2. GitMind

GitMind aplikasi yang membuat pengguna memungkinkan memvisualisasikan konsep yang kompleks. Aplikasi ini bisa membantu pengguna mendapatkan new idea ataupun bikin daftar prioritas tugas, dan menyiapkan presentasi.

Untuk mengatur prioritas dan kemajuan tugas, GitMind adalah aplikasi yang tepat digunakan. Pengguna dapat mengunduh ke format dalam teks, PNG, JPEG, PDF, dan SVG.

Untuk menggunakan, cukup masukkan nama topik, pilih kanan dan pilih icon Tempel. Selanjutnya masukkan teks ke tempat yang disediakan. Pilih Sisipkan Subnode untuk bikin subtopik. Terakhir, pilih garis hubungan agar melihat hubungan tiap ide-ide yang tertuang.

3. Canva

Aplikasi yang menyediakan desain grafis melalui basis web ini juga bisa digunakan dalam buat mind map.  Canva menyediakan toolset out-of-the-box, jadi  pengguna dapat buat mind map sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Cara membuatnya cukup mudah dengan ketik saja mind map atau peta pikiran ke kotak pencarian. Selanjutnya akan muncul beberapa contoh template mind map yang berbeda.

Aplikasi ini memudahkan dalam edit foto, masukkan teks, format background, dan sebagainya pada mind map yang ingin dibuat. Aplikasi ini, menawarkan opsi pengunduhan  dalam format PNG, JPG, dan PDF.

4. Sketchboard

Aplikasi berbentuk ini dapat digunakan untuk mengingat mind map yang telah dibuat melalui  sketsa. Simbol pra-desain dalam aplikasi Sketch Board digunakan dalam diagram perangkat lunak, peta pikiran, peta jalan, dan banyak lagi. 

Jika pengguna membuat akun, akan mendapatkan free 3 papan tulis digital dengan maksimal lima anggota. Maka, tak heran jika aplikasi ini banyak yang menggunakan. 

5. MindMaster

Aplikasi ini memiliki bentuk yang mirip Microsoft Office. Pada bagian ribbon, pengguna akan menemukan semua elemen utama mind map. Pengguna dapat masukkan tema, images, maupun clip art. Selanjutnya, dapat menggambar garis hubungan dan menambahkan catatan.

6. Mindjet

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dengan klik sistem menu di sudut kiri bawah. Kemudian Pengguna dapat tambahkan node, warna, catatan maupun simbol. Pengguna dapat membuat peta pikiran, menyinkronkannya dengan Mindjet Connect, dan mengunduh peta pikiran ke laptop mereka.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa aplikasi mind map online yang pengguna dapat digunakan pengguna. Ternyata mudah bukan membuat mind map dengan aplikasi. Tak perlu membikin mind map yang kompleks, pengguna dapat sederhanakan asal dapat memahami. 

Exit mobile version