Just another website
Indeks

6 Rekomendasi Aplikasi Mengembalikan File yang Terhapus untuk Laptop

Inilah Aplikasi Mengembalikan File yang Terhapus yang Bisa Dicoba

aplikasi mengembalikan file yang terhapus

Tahukah pengguna, jika terdapat aplikasi mengembalikan file yang terhapus yang bisa digunakan? Ternyata ada aplikasi untuk mengembalikan file tersebut kembali seperti sedia kala. Tak perlu khawatir lagi, jika tidak sengaja menghapus file penting karena masih bisa ditindak lebih lanjut.

Namun untuk menggunakan aplikasi ini, harus memastikan persyaratannya untuk memastikan file kembali dalam keadaan baik. Syaratnya yaitu tidak boleh menambah file baru. 

Selain itu juga tidak boleh memasang program lain dan tidak menyimpan data yang direcovery di drive itu. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan, sebagai berikut:

1. EaseUS Data recovery

Salah satu aplikasi mengembalikan file yang terhapus di Laptop dapat memanfaatkan EaseUS Data Recovery. Aplikasi ini tidak hanya bisa memulihkan data di laptop namun di perangkat lain juga bisa digunakan.

Selain untuk mencari data yang telah terhapus, aplikasi ini juga mampu melakukan backup data yang ada di laptop. Bahkan bisa mengembalikan email yang sudah terhapus sekalipun. EaseUS Data recovery. Memiliki fitur scanning dan bisa memulihkan data berbentuk video, foto, dan sebagainya.

2. Recuva

Pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus. Beragap format disk telah didukung yakni FAT, exFAT dan NTFS. Nantinya akan memberikan preview untuk file bergambar.

Tersedia fitur advanced mode guna memproses pencarian lebih detail yang memudahkan pengguna. Aplikasi ini juga bisa menghapus file permanen. Recuva menyediakan versi portable sehingga tidak memerlukan untuk menginstalnya dahulu.

3. Disk Drill

Selanjutnya ada Disk Drill yang bisa digunakan untuk recovery file yang telah dihapus. Dengan menggunakan aplikasi ini bisa menyelamatkan file yang terhapus karena berbagai alasan. Mulai dari adanya kerusakan partisi, virus, sistem yang bermasalah atau tidak sengaja terhapus di recycle bin.

Disk Drill mendukung untuk penyimpanan dalam format NTFS.HFS+, EXT dan lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan penyelamatan file dari eksternal seperti SD card, hard disk, atau flashdisk. Sangat membantu sekali bukan aplikasi satu ini.

4. Wise Data Recovery

Aplikasi Wise Data Recovery mudah digunakan oleh pengguna untuk memulihkan data-data yang terhapus. Memiliki tampilan sederhana cocok untuk pemula untuk mengaksesnya. Terdapat fitur yang memudahkan pengguna dan tidak perlu takut merasakan kebingungan.

Wise Data Recovery dapat digunakan di perangkat dengan sistem windows 7,8 dan Vista. Untuk pengguna Mac juga bisa menggunakan aplikasi ini. Tersedia berbagai macam bahasa pilihan yang memudahkan pengguna.

5. MiniTool Partition Recovery

Selain itu, MiniTool Partition Recovery bisa menjadi alternatif pilihan untuk memulihkan data yang terhapus atau hilang. Sayangnya, terdapat batasan recover data yaitu maksimal 1 GB. Meskipun ada batasan, tapi aplikasi ini tetap oke untuk digunakan.

MiniTool Partition Recovery bisa digunakan untuk mengembalikan data yang di CD, email, atau lainnya. Bisa juga digunakan untuk laptop atau komputer Windows 2000, XP, Vista,7 dan 8.

6. Pandora Recovery

Terakhir, bisa dimanfaatkan untuk memulihkan data dengan aplikasi Pandora Recovery. Ini cocok untuk digunakan oleh pemula karena terdapat fitur wizard yang memandu saat proses mengembalikan data.

Nantinya, akan dibimbing ke setiap tahapannya, dari pengecekan recycle bin, pemutusan metode recovery dan seterusnya. Pandora menawarkan 3 pilihan mode recovery. Pertama, metode pencarian data dan folder secara manual.

Kedua, metode pencarian berdasarkan nama, jenis, dan ukuran data atau file. Terakhir, metode deep scan. Metode terakhir cocok untuk menemukan data yang rusak dan sulit diidentifikasi.

Itulah 6 rekomendasi aplikasi mengembalikan file yang terhapus di Laptop yang bisa menjadi pilihan. Tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menghapus data atau file dari recycle bin karena masih bisa dilakukan pemulihan file.

Exit mobile version