Just another website
Indeks
Film  

Tips Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Ponsel Android

Ketahui Penyebab Dan Tips Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Ponsel Android

Tips Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Ponsel Android

Memory card menjadi salah satu komponen penting di smartphone, keberadaannya dibutuhkan ketika kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Ketika ada masalah microSD tak terbaca, pasti bikin kamu sedih dan kesal. Terlebih ada banyak data seperti dokumen, video, foto, yang tidak bisa buka.

Lebih menjengkelkan lagi ketika kamu sudah mengunduh berbagai aplikasi penting seperti IG, FB, dan WA.

Ketika memori card tidak bisa dibuka otomatis semua aplikasi tersebut juga tidak bisa dibuka. Lantas bagaimana cara pengatasinya? Silahkan simak pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Ketahui Penyebab Microsd Tak Terbaca

Penyebab microSD tak terbaca sebenarnya tidak ada yang tahu secara pasti. Namun berdasarkan pengalaman menggunakan Android memang umur memori card itu sudah lama. hal inilah yang menyebabkan memory card tersebut sulit terdeteksi.

Lebih jelasnya kamu bisa simak ulasannya berikut ini :

  • Pemakaian yang lama bisa menyebabkan memory card sulit terbaca. Namun semua itu tergantung dari jenis kartu dan mereknya.
  • Kuningan yang ada di memory card tergores sehingga menyebabkan kartu tidak bisa terbaca.
  • Posisi memory card yang tidak pas bisa menyebabkan tidak terbaca secara maksimal.
  • Sering memindahkan memori card ke ponsel lain menjadi penyebab utama kartu memori sering bermasalah. Hal ini bisa terjadi karena adanya malware yang merusak konfigurasi memory card.

Begini Cara Mengatasi Microsd Tak Terbaca

Setelah tahu beberapa penyebab microSD tak terbaca, kini akan dijelaskan beberapa tips mengatasi memory card yang tidak terbaca. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut :

Mengecek Kompabilitas Microsd

Pada saat membeli microSD kamu perlu melakukan pengecekan kompabilitas memori karena tidak semua kartu memori cocok dengan ponsel. Saat ini sudah ada 4 jenis kartu memori dengan kapasitas yang berbeda. Silahkan memilih kartu memori yang support dengan smartphone.

Membersihkan Memory Card

Ketika tiba-tiba memory card tidak bisa terbaca maka ada kemungkinan memory card kotor atau berdebu.

Kamu bisa membersihkan bagian kuningan tembaga yang ada di kartu agar bebas debu dan kotoran. Agar hasilnya lebih efektif kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus agar memory bisa digunakan lagi.

Format Memory Card

Apabila cara kedua belum berhasil, kamu bisa melakukan format kartu memori. Kamu bisa melakukan format kartu memori melalui ponsel. Nah, untuk melakukannya bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk menu pengaturan ponsel
  • Klik Storage atau penyimpanan
  • Silahkan langsung memilih penyimpanan eksternal
  • Klik format kartu SD dan tunggu sampai prosesnya selesai

Mencoba Tes di Ponsel Lain

Apabila kamu sudah mencoba berbagai cara tapi masih belum bisa, kamu bisa coba memory card di ponsel lain. Apabila memori card tersebut terbaca di ponsel lain, kemungkinan ponsel kamu tidak support dengan kartu memori. Apabila kartu tersebut tidak terbaca juga maka dapat dipastikan kartu memorinya rusak.

Itulah penjelasan mengenai beberapa tips mengecek microSD tak terbaca. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu bisa memilih memori card yang support terhadap ponsel yang kamu miliki. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan akan microSD.