Just another website
Indeks
Film  

5 Cara Mudah Mengatasi Jaringan Wifi Tidak Ada Akses Internet di Smartphone Android

Jaringan Wifi Tidak Ada Akses Internet, Ini Cara Mengatasinya

jaringan wifi tidak ada akses internet

Hidup di dunia digital seperti sekarang ini, wifi bukan lagi menjadi barang mahal. Wifi bahkan selalu dapat ditemukan di tempat umum sebagai fasilitas pengunjung. Ketika jaringan wifi tidak ada akses internet maka akan menjadi masalah yang cukup pelik dan berpengaruh ke banyak hal.

Ditambah lagi dengan banyaknya warga yang menggunakan smartphone Android, maka persoalan ini menjadi masalah bersama dan dibutuhkan solusi untuk mengatasinya. Berikut solusi yang dapat ditawarkan:

1. Hapus Wifi yang Tersimpan

Atas tuntutan gaya hidup untuk selalu eksis di dunia maya menjadi sebab seseorang sering menggunakan wifi yang ditawarkan di tempat umum. Karena terlalu sering, tanpa sadar smartphone pun menyimpan wifi terlalu banyak dalam history.

Dengan kondisi tersebut maka tidak heran jika tiba-tiba wifi yang tersimpan di smartphone terasa penuh sesak. Kalau begini tentu sulit bagi wifi baru untuk masuk dan terkoneksi, maka solusi mudahnya adalah menghapus wifi yang tidak digunakan agar wifi baru dapat langsung terdeteksi.

2. Lihat Setelan Gelombang

Wifi memiliki dua gelombang frekuensi yang dapat dijadikan pilihan bagi penggunanya yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz menyesuaikan dengan fungsi dan kelebihan masing-masing. Pada frekuensi 2.4 GHz jangkauannya lebih jauh dibandingkan dengan frekuensi 5 GHz, meski untuk kecepatannya frekuensi 5 GHz lah yang lebih baik.

Dengan karakteristik restoran dan mall yang terdiri dari banyak orang maka frekuensi 2.4 GHz biasanya menjadi pilihan karena sesuai dengan fungsi jangkauannya. Jika smartphone yang digunakan berada pada frekuensi 5 GHz tentunya tidak sinkron dengan wifi setempat, maka sesuaikan pengaturan yang digunakan atau langsung saja setting otomatis.

3. Refresh Pemancar Wifi

Jika wifi bersumber dari pemancar atau router di dalam rumah, ada kemungkinan masalah bersumber pada router. Masalah yang biasanya timbul, biasanya ada ketidakstabilan sambungan yang dihasilkan router tersebut.

Untuk mengatasinya coba atur ulang kembali router wifi dengan cara mematikannya sejenak lalu menghidupkannya kembali, jika berhasil maka wifi akan terdeteksi pada smartphone. Selanjutnya coba untuk googling sesuatu di browser guna memastikan bahwa internet telah tersambung.

4. Refresh Perangkat

Kemungkinan lain masalah dapat terjadi pada smartphone yang digunakan, apalagi jika anggota di dalam rumah menggunakan router yang sama dan wifi terdeteksi dengan sempurna. Maka solusinya, lakukan hal yang sama seperti pada router.

Bagaimana caranya? Yaitu matikan saja dan kemudian hidupkan kembali smartphone, lalu lihat apakah wifi sudah terdeteksi atau belum. Jangan lupa pastikan juga wifi tidak dalam kondisi “mode pesawat”.

5. Reset Pengaturan Pabrik

Melakukan factory reset atau atur ulang menu seperti keluaran pabrik dapat menjadi pilihan terakhir ketika semua cara sebelumnya belum berhasil. Tapi cara ini memiliki risiko yaitu data aplikasi yang sudah di install di smartphone akan terhapus semua.

Namun, untuk beberapa data seperti foto, video dan kontak masih dapat disimpan terlebih dahulu. Melakukan factory reset tidak selalu harus datang ke counter reparasi, karena kini dapat dilakukan sendiri asal ingin lebih detail mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Buka menu pengaturan pada smartphone.
  • Klik pada opsi Pengaturan Tambahan.
  • Setelah itu, klik opsi Cadangkan Dan Kembali Ke Pengaturan Pabrik.
  • Klik opsi Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik.
  • Kemudian, hapus semua data.

Itu tadi 5 cara mengatasi jaringan wifi tidak ada akses internet pada smartphone Android. Semoga dengan informasi ini menjadikan lebih bijak menggunakan fasilitas wifi di tempat umum, meski gratis tetap ada adab sopan santun dalam menggunakannya.

Exit mobile version